Anatomi fisiologi kulit manusia

Lapisan papila dermis berada langsung di bawah epidermis tersusun terutama dari sel-sel fibroblas yang dapat menghasilkan salah satu bentuk kolagen, yaitu suatu komponen dari jaringan ikat.

Laporan Anatomi Fisiologi Manusia Sistem Ekskresi

Serabut kolagen dibentuk oleh fibroblas, selanjutnya membentuk ikatan bundel yang mengandung hidroksiprolin dan hidroksisilin. Kelenjar apokrin mulai aktif setelah usia akil baligh dan aktivitas kelenjar ini dipengaruhi oleh hormon.

Hanya glans penis, bagian tepi bibir margo labium oristelinga luar dan dasar kuku yang tidak mengandung kelenjar keringat Kelenjar Keringat diklasifikasikan menjadi 2: Terdapat beberapa macam proses yang terjadi sebelum urine keluar dalam keadaan berisi zat-zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Fungsi kulit juga sebagai pengaturan suhu. Fungsi hati menjadi penting, karena hati mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

Penyaringan filtrasi merupakan proses pembentukan urine yang terjadi pertama kalinya di ginjal. Sebum mengandung trigliserida, asam lemak bebas, skualen, wax ester, dan kolesterol.

Pada seluruh dermis dijumpai pembuluh darah, saraf sensorik dan simpatis, pembuluh limfe, folikel rambut, serta kelenjar keringat dan palit.

Kelenjar Keringat untuk mengatur suhu tubuh dengan mengangkut air ke permukaan kulit di mana ia dapat menguap untuk mendinginkan kulit. Stratum Lucidum, tidak jelas terlihat dan bila terlihat berupa lapisan tipis yang homogen, terang jernih, inti dan batas sel tak terlihat.

Sel kelenjar ini mudah rusak dan sifatnya alkali sehingga dapat menimbulkan bau. Sistem integumen mampu memperbaiki sendiri self-repairing dan mekanisme pertahanan tubuh pertama pembatas antara lingkungan luar tubuh dengan dalam tubuh. Lamina basalis yaitu struktur halus yang membatasi epidermis dengan dermis.

Dan terdapat kerutan yang disebut fingers prints. Urine sendiri terdiri dari dari air, urea, garam, dan mineral serta zat-zat lain yang bersifat toksik. Sebagai Tempat Penyimpanan Kulit beraksi sebagai alat penampung air Dan lemak, yang dapat melepaskannya bilamana diperlukan.

Rambut terminal dapat panjang dan pendek b. Di dalam tubuh manusia terjadi proses metabolisme terjadi di beberapa sistem diantaranya sistem pencernaan, sistem peredaran darah dan sistem pernafasan.

Struktur Rambut Struktur Rambut Rambut merupakan tambahan pada kulit kepala yang memberikan kehangatan, perlindungan dan keindahan.

Pada anak-anak, jumlahnya sedikit. Bagian-bagian dari paru-paru sendiri di mulai dari trakea sebagai saluran tempat keluar masuknya oksigen dan karbondioksida.

Sel-sel di bagian lapis taju yang lebih dalam, banyak yang berada dalam salah satu tahap mitosis. Pengatur suhu 4. Pada membran sel terdapat granula lamela yang mengeluarkan materi perekat antar sel, yang bekerja sebagai penyaring selektif terhadap masuknya materi asing, serta menyediakan efek pelindung pada kulit.

Paru-paru sendiri merupakan tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida yang tidak di butuhkan oleh tubuh. Lebih sedikit adanya glandula sudorifera. Alur kuku dan lipat kuku merupakan batas dan pelindung kuku. Faktor internal, meliputi: Stratum lucidum terdiri dari protein eleidin.

Cabang-cabang dari pembuluh-pembuluh dan saraf-saraf menuju lapisan kulit jangat. Di kelopak mata dan penis lebih tipis, di perut lebih tebal sampai 3 cm.

Langerhans Cells Disebut juga dendritic cells karena sering bekerja di daerah lapisan stratum spinosum. Fungsi Kulit Manusia Kulit mempunyai berbagai fungsi yaitu sebagai berikut: Kelenjar keringat —Ditemukan pada kulit sebagian besar permukaan tubuh.

Penyerapan kembali atau reabsorbsi ini merupakan proses penyerapan kembali bahan-bahan yang masih di perlukan di dalam urine primer di tubulus kontortus proksimal. Selanjutnya, digunakan untuk metabolismenya oleh jaringan dan pada saat yang sama karbondioksida dan uap air akan dikeluarkan.

Ada dua jenis kelenjar keringat yaitu: Ketika usia mencapai sekitar 60 tahunan, proses keratinisasi, membutuhkan waktu sekitar 45 - 50 hari, akibatnya lapisan tanduk yang sudah menjadi lebih kasar, lebih kering, lebih tebal, timbul bercak-bercak putih karena melanosit lambat bekerja dan penyebaran melanin tidak lagi merata serta tidak lagi cepat digantikan oleh lapisan tanduk baru.

Jika sel-sel lapisan saling berlepasan, maka seakan-akan selnya bertaju. Bentuk dari hati sangat disesuaikan dengan keadaan sekitarnya. Epidermis Epidermis berasal dari ektoderm, terdiri dari beberapa lapis multilayer. Terkecuali pada telapak tangan dan telapak kaki, kelenjar palit terdapat di semua bagian tubuh terutama pada bagian muka.Pemahaman tentang anatomi dan fisiologi kulit akan membantu mempermudah perawatan kulit untuk mendapatkan kulit wajah yang segar, lembab, halus, lentur dan bersih.

Luas kulit pada manusia rata-rata + 2 meter persegi dengan berat 10 kg jika ditimbang dengan lemaknya atau 4 kg jika tanpa lemak atau beratnya sekitar 16 % dari berat badan seseorang. Luas kulit pada manusia rata-rata 2 meter persegi dengan berat 10 kg jika ditimbang dengan lemaknya atau 4 kg jika tanpa lemak atau beratnya sekitar 16 % dari berat badan seseorang.

Anatomi dan Fisiologi Sistem Integumen Manusia

Kulit memiliki fungsi melindungi bagian tubuh dari berbagai macam gangguan dan rangsangan luar. Sistem Integumen pada manusia terdiri dari kulit, kuku, rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak dan kelenjar susu.

Sistem integumen mampu memperbaiki sendiri (self-repairing) dan mekanisme pertahanan tubuh pertama (pembatas antara lingkungan luar tubuh dengan dalam tubuh).Author: Cah Samin.

Maksudnya anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh (manusia) dengan cara menguraikan tubuh menjadi bagian yang lebih kecil ke bagian yang paling kecil dengan cara memotong atau mengiris tubuh kemudian diangkat, dipelajari, dan diperiksa, menggunakan mikroskop(Ethel Slonne, ).Author: Anditenri.

anatomi kulit Kulit merupakan pembatas tubuh dengan lingkungan sekitar karena posisinya yang terletak di bagian paling luar. Luas kulit dewasa 1,5 m2 dengan berat kira-kira 15% berat badan. anatomi fisiologi kulit Kulit merupakan organ tubuh yang terletak paling luar dan merupakan proteksi terhadap organ-organ yang terdapat dibawahnya dan membangun sebuah barrier yang memisahkan organ-organ internal dengan lingkungan luar dan turut berpartisipasi dalam banyak fungsi tubuh yang vital.

Anatomi fisiologi kulit manusia
Rated 0/5 based on 11 review