Asuhan diet dm anak

Tentukan program diet dan pola makan pasien dan bandingkan dengan makanan yang dapat dihabiskan pasien. Ilmu Kesehatan Anak. Menebalnya arteri di kaki bisa mempengaruhi otot-otot kaki karena berkurangnya suplai darah yang mengakibatkan kram, rasa tidak nyaman atau lemas saat berjalan.

Riwayat Penyakit Dahulu Pasien tidak pernah periksa kesehatan sebelumnya, baru pada tahun Pasien didiagnosa mengidap Diabetes Melitus, Hipertensi, jantung bermasalah, dan Tuberculosis Paru. Rapitard MC Novo 1 atau 2 kali sehari atau gabungan seperti: Umumnya hasil pemeriksaan glukosa darah sewaktu yang baru satu kali saja abnormal belum cukup untuk diagnosis klinis DM.

Pasien menunjukkan hidrasi yang adekuat dibuktikan oleh tanda vital stabil, nadi perifer dapat diraba, turgor kulit dan pengisian kapiler baik, haluaran urin tepat secara individu dan kadar elektrolit dalam batas normal.

Patofisiologi Dalam proses metabolisme,insulin memegang peran yang sangat penting yaitu bertugas memasukkan glukosa ke dalam sel. Faktor-faktor yang banyak berperan sebagai penyebab resistensi insulin: Anak mungkin melihat kesehatannya dari gejala sampai terlihat jelas.

Ini merupakan respon abnormal dimana antibodi terarah pada jaringan normal tubuh dengan cara bereaksi terhadap jaringan tersebut yang dianggapnya seolah-olah sebagai jaringan asing.

Diabetes Mellitus Tipe I: Apabila insulin tidak dihasilkan maka akan mengalami gangguan metabolisme, karbohidrat, protein dan lemak yang mana bila tanpa insulin Glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel dan tetap dalam kompartemen vaskular yang kemudian terjadilah hiperglikemi dengan demikian akan meningkatkan konsentrasi dalam darah.

Bersamaan keadaan glukosuria maka sejumlah air hilang dalam urine yang disebut poliuria. Sekurang-kurangnya diperlukan kadar glukosa pernah 2 kali abnormal untuk konfirmasi diagnosis DM, baik pada 2 pemeriksaan yang berbeda ataupun adanya 2 hasil abnormal pada saat pemeriksaan yang sama.

Ketoasidosis diabetic yang diakibatkannya dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala seperti nyeri abdomen, mual, muntah, hiperventikasi, nafas berbau aseto, dan bila tidak ditangani akan menimbulkan perubahan kesadaran, koma, bahkan kematian.

Etiologi 1. Penurunan nafsu makan ini berawal dari adanya sesak nafas saat akan makan sehingga pasien menjadi malas makan.

Disamping itu akan terjadi pemecahan lemak yang mengakibatkan peningkatan produksi badan keton yang merupakan produk samping pemecahan lemak. Kecendrungan genetik ini ditemukan pada individu yang memiliki tipe antigen HLA human leococyte antigen tertentu.

Gatal biasanya terjadi di daerah ginjal, lipatan kulit seperti di ketiak dan dibawah payudara, biasanya akibat tumbuhnya jamur. Glukoneogenesis meningkat dan lebih banyak lagi glukosa hati yang tercurahkan kedalam darah dari hasil pemecahan asam amino dan lemak sehingga menyebabkan konsetrasi glukosa melebihi ambang ginjal, maka timbul glukosuria.

Sebelum Sakit Pasien memiliki kebiasaan makanan yang teratur dan tepat waktu dalam minum obat. Diabetes tipe II sering terjadi pada penderita pada usia lebih dari 30 tahun dan obesitas. Tanda — tanda kenaikan aceton dan ketoacid ialah pernafasan berbau buah — buahan, kussmaul, nyeri abdominal, muntah.

Bahan lain adalah sianida yang berasal dari singkong Maulana Mirza, Bahan protein banyak diformulasikan untuk kebutuhan energi sel sehingga bahan yang diperlukan untuk penggantian jaringan yang rusak mengalami gangguan.

Dehisrasi intrasel mengikuti dehidrasi ekstrasel karena air intrasel akan berdifusi keluar sel mengikuti penurunan gradien konsentrasi ke plasma yang hipertonik sangat pekat.

Asuhan Keperawatan Diabetes Melitus Pada Anak 2019

Pemeriksaan Penunjang Menurut Rusaripemeriksaan penunjang untuk diabetes mellitus, antara lain: Pembebasan glukoge di dalam darah akan meningkatkan penghancuran glukogen dihati dan glukosa dihasilkan. Askep Pada Anak Edisi I. Gejala lain yang mungkin dikemukakan oleh pasien adalah kesemutan, gatal, mata kabur dan impotensia pada pasien pria,serta pruritus dan vulvae pada pasien wanita.

Ketika lemak digunakan sebagai energi, liver merubah peningkatan lemak bebas didalam darah menjadi ketone bodies.

Glukosa darah sewaktu b. Resistensi insulin pada DM tipe II disertai dengan penurunan reaksi intrasel. Keadaan ini menyebabkan sebagian besar glukosa tetap berada dalam sirkulasi darah sehingga terjadi hiperglikemia. Resistensi insulin pada tipe II disertai dengan penurunan reaksi intrasel, dengan demikian insulin menjadi tidak efektif untuk menstimulasi pengambilan glukosa oleh jaringan.

Hipoglikemia, karena kebanyakan insulin akan mengakibatkan kecepatan metabolisme glukosa di dalam tubuh, saat terjadi perubahan di dalam tubuh yang seharusnya dengan syarat, kesembronoan dalam diet, kesalahan dalam pengukuran insulin atau berlebihan exercise karena Diabetes pada anak mudah labil.

Untuk mengkompensasi hal ini penderita seringkali merasa lapar yang luar biasa. Walaupun test toleransi glukosa dapat menggambarkan Diabetes pada dewasa, tidak dapat digunakan untuk anak — anak. Kadar glukosa darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulya gejala-gejala seperti: Peningkatan angka infeksi akibat penurunan protein sebagai bahan pembentukan antibody, peningkatan konsentrasi glukosa disekresi mukus, gangguan fungsi imun dan penurunan aliran darah pada penderita diabetes kronik.

Diabetes Mellitus tipe I ditandai oleh awitan mendadak yang biasanya terjadi pada usia 30 tahun.Penyakit gula atau diabetes melitus (DM) dapat menyerang siapa saja, tua-muda, kaya-miskin, atau kurus-gemuk. Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah.

· Sebagian besar kasus DM pada anak termasuk di dalam DM tipe-1, namun sedikit sekali tulisan di Indonesia mengenai karakteristik klinis dan laboratorium DM. Poli Psikologi RS St. Carolus merupakan bagian dari Unit Rawat Jalan RS St.

Carolus yang 4/5(42). · DIABETES MELITUS JUVENIL (DM TIPE I), anak dengan DIABETES MELITUS JUVENIL (DM TIPE I), askep anak dengan DIABETES MELITUS JUVENIL (DM TIPE I).

Tujuan utama terapi DM adalah mencoba menormalkan aktivitas insulin dan kadar glukosa darah dalam upaya mengurangi terjadinya komplikasi vaskuler serta neuropatik. Tujuan terapeutik pada setiap tipe DM adalah mencapai kadar glukosa darah normal (euglikemia) tanpa terjadi hipoglikemia dan gangguan series pada pola aktivitas pasien.

Rencana Intervensi: karena masih sesak jadi pasien tetap diberikan makanan lunak berupa Tim dengan rancangan diet tetap DM kkal tanpa susu DM, serta memberikan motivasi kepada pasien untuk mau mencoba makan makanan RS festival-decazeville.com: Anakgizi. Virus dan Bakteri: Virus penyebab DM adalah rubela, mumps, dan human coxsackievirus B4.

Melalui mekanisme infeksi sitolitik dalam sel beta, virus ini mengakibatkan destruksi atau perusakan sel. Bisa juga, virus ini menyerang melalui reaksi otoimunitas yang Author: Komaribu.

Asuhan diet dm anak
Rated 3/5 based on 82 review