Cara menaksir berat badan sapi

Cara ini adalah yang paling akurat dan tepat dan sudah diterapkan di peternakan-peternakan modern baik skala menengah maupun besar dan sudah mulai juga diterapkan oleh peternak peternak yang menginginkan kepastian harga. Di negara kita, umumnya peternak menjual ternaknya dalam keadaan hidup dengan pekiraan atau taksiran bobot ketika akan disembelih.

Melalui berbagai percobaan, para ahli akhirnya menemukan rumus untuk menghitung bobot ternak. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi di pasar hewan. Tetapi hampir disemua Pasar Hewan juga timbangannya tidak ada yang dipakai, bahkan sebagian besar rusak dan tinggal rangkanya saja.

Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi di pasar hewan. Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi. Menggunakan timbangan sapi.

Karena keakuratan penaksiran sapi akan berhubungan erat dengan karkas maupun daging sapi yang akan didapatkan saat sapi tersebut dipotong.

Memang sangat dianjurkan untuk mengetahui berat badan sapi adalah dengan ditimbang karena sangat fair alias win-win baik untuk pembeli maupun penjual. Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan.

Sedangkan untuk yang sudah mahir, mereka biasa menaksir cukup dengan melihat visual sapi. Di dalam peternakan besar biasanya sudah disediakan timbangan khusus untuk sapi. Kondisi fisik perut, pantat dan lain-lain termasuk gemuk atau kurusnya sapi. Menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi.

Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan bakal diperoleh pendekatan untuk memperoleh berat hewan sebenarnya. Jadi kalau mau diringkas, hasil dari taksiran menggunakan rumus dipengaruhi oleh: Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan bakal diperoleh pendekatan untuk memperoleh berat hewan sebenarnya.

Diatas juga sudah disebutkan tingkat error atau kesalahan masing-masing rumus secara umum.

Cara Menaksir Bobot Badan Sapi Potong

Dengan demikian pengetahuan menaksir bobot sapi, karkas dan daging perlu diketahui. Dengan memperoleh angka taksiran bobot hidup, maka persentase karkas dan daging dapat segera diketahui. Silahkan anda mencobanya tetapi jangan lupa siapkan juga mental untuk menanggung "rugi" jika ternyata taksirannya meleset jauh.

Satu lagi penting kemampuan menaksir amat penting yaitu umur ternak. Cara ini adalah yang paling akurat dan tepat dan sudah diterapkan di peternakan-peternakan modern baik skala menengah maupun besar dan sudah mulai juga diterapkan oleh peternak peternak yang menginginkan kepastian harga.

Karena keakuratan penaksiran sapi akan berhubungan erat dengan karkas maupun daging sapi yang akan didapatkan saat sapi tersebut dipotong. Hee… Oh, ya …. Harga timbangan ini bisa mencapai 10 juta rupiah. Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan bakal diperoleh pendekatan untuk memperoleh berat hewan sebenarnya.

Untuk mencari volume tabung harus diketahui luas alas dan tinggi. Jika bisa mengetahui asal sapi atau pakan yang diberikan juga faktor pendukung yang bagus dalam menaksir.

Penentuan berat badan sapi dapat dilakukan dengan beberapa rumus yaitu: Menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi. Dan "ajaibnya" taksiran mereka melesetnya sangat tipis saat sapinya benar-benar ditimbang.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Panjang badan diukur mulai dari siku sampai benjolan tulang tapis. Berikut ini adalah rumus Scroll: Perbedaan perhitungan berat pada mahluk hidup adalah wajar, karena bobot hewan sangat dipengaruhi situasi dan kondisi lingkungan, yakni gelisah stresshabis makan, banyak minum atau baru buang feses.Bisa mengetahui berat badan sapi secara akurat saat dipasar hewan sangat diperlukan seorang penaksir sapi maupun orang yang berniat membeli sapi untuk dipotong terutama.

Karena keakuratan penaksiran sapi akan berhubungan erat dengan karkas maupun daging sapi yang akan didapatkan saat sapi tersebut dipotong.

Menggunakan teknik pengukuran badanyang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi di pasar hewan. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali Author: Sapibagus.

Bisa mengetahui berat badan sapi secara akurat saat dipasar hewan sangat diperlukan seorang penaksir sapi maupun orang yang berniat membeli sapi untuk dipotong terutama.

PETERNAKAN SAPI POTONG, TIPS CEPAT DAN TEPAT MENAKSIR BOBOT SAPI POTONG

Menggunakan teknik pengukuran badanyang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi di pasar hewan. · Bisa mengetahui berat badan sapi secara akurat saat dipasar hewan sangat diperlukan seorang penaksir sapi maupun orang yang berniat membeli sapi untuk dipotong terutama.

Karena keakuratan penaksiran sapi akan berhubungan erat dengan karkas maupun daging sapi yang akan didapatkan saat sapi tersebut dipotong.

Cara Mengetahui Berat Badan Sapi

Cara Mengukur Ternak Sapi, Umur, Lingkar Dada, Panjang Badan dan Cara Menaksir Berat Sapi Tanpa Timbangan, dll Bagaimana Cara Mengukur Lingkar Dada, Tinggi Punuk, Panjang Badan, Lingkar Scrotum dan Umur Ternak Sapi Serta Menaksir Bobot Sapi Tanpa Timb.

Cara menaksir berat badan sapi
Rated 3/5 based on 72 review