Contoh soal perhitungan data statistik penelitian tentang pengukuran berat badan

Jawaban A dan C benar 7. Lengkapilah table frekuensi berikut: Skala Rasio Skala rasio sangat mirip dengan variabel interval; di samping sudah memiliki semua sifat-sifat variabel interval, juga sudah bisa diidentifikasi titik nol mutlak, sehingga memungkinkan menyatakan rasio atau perbandingan di antara kedua nilai, misalnya x adalah dua kali lebih y.

Hitunglah rata-rata dan ragam nilai ujian akhir semester mata kuliah tersebut b. Berdasarkan hasil butir a, buatlah histogramnnya. Pada suatu populasi pohon dalam tegakan hutan tanaman jati Tectona grandis terdapat pohon yang ukuran diameternya menyebar normal dengan nilai tengah 80 cm dan ragam 64 cm2.

Hitunglah nilai tengahnya Mean f. Buatlah diagram dahan daun untuk data tersebut! Diketahui nilai ulangan matematika dari 20 siswa sebagai berikut: Untuk cara mencari mean pada data kelompok, terlebih dahulu carilah nilai tengah dan nilai hasil nilai tengah dengan frekuensi.

Data Statistik : Pembagian, Pengumpulan, dan Penyajian Data ( Materi Statistik )

Rataan pertambahan bobot badan harian PBBH sapi yang diberi probiotik selama 3 bulan penggemukan adalah 1,8 kg dengan simpangan baku 0,05 kg. Oleh sebab itu kita harus menggunakan rumus: God bless. Untuk jenis data nominal dan ordinal mean tidak dapat digunakan sebagai ukuran pemusatan data.

Bila sebuah apel diambil secara acak dari kantong tersebut, ada berapa macam kemungkinan apel itu terambil tanpa membedakan jenisnya? Hasil nilai akhir suatu kelas metode statistika diketahui menyebar normal dengan rata-rata 65 dan ragam Tiap juring lingkaran menunujukkan kategori data yang telah diubah ke dalam derajat.

Tetapi, kita tidak bisa mengatakan bahwa suhu daerah C dua kali lebih panas dibandingkan daerah A artinya tidak bisa jadi kelipatan. Cari untuk: Tentukan rata-rata, ragam, K1, K2 dan K3 dari daerah2 c. Setiap jawaban yang benar bernilai 2, jawaban salah bernilai -1 dan tidak menjawab bernilai nol.

Modus sangat baik jika digunakan untuk data yang mempunyai skala kategorik yaitu nominal dan orinal. Berdasarkan hasil pada point cadakah nilai ekstrim pada data tersebut? Mean Adalah nilai rata-rata dari beberapa buah data.Contoh: tinggi badan, umur siswa, berat badan dll.

Berdasarkan sumber Data. Data Primer; Data primer adalah secara langsung diambil dari objek / obyek penelitian oleh peneliti perorangan maupun organisasi. Contoh: wawancara langsung, praktek lapangan, observasi lapangan. Data Sekunder ; Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan dari sumber-sumber yang telah ada.

Data. Interpolasi data adalah menaksir data atau memperkirakan data di antara dua keadaan (misalnya waktu) yang berurutan.

Misalkan, dari gambar grafik Contoh soal 2.

Cara Menghitung Mean, Modus dan Median Dengan Contoh Soal

dapat diperkirakan berat badan bayi pada usia 5,5 bulan. Coba Anda amati grafik tersebut, kemudian tentukan berat badan bayi. · Contoh kasus, misalnya kita ingin mencari sampel minimal pada penelitian tentang pengaruh pemberian ASI eksklusif dengan terhadap berat badan bayi.

Dengan menggunakan tingkat kemaknaan 95 % atau Alfa = 0,05, dan tingkat kuasa/power 90 % atau ß=0,10, serta kesudahan (outcome) yang diamati adalah berat badan bayi yang ditetapkan memiliki nilai asumsi SD=0,94 kg (mengacu data dari penelitian.

Data semacam ini sering disebut data hitung (count data) atau data frekuensi. Contoh lainnya yaitu misalnya jawaban dikotomi (ya, tidak); jenis kelamin (pria, wanita); warna lampu lalu lintas (merah, kuning, hijau); nomor urut parpol Pemilu (1, 2,44); dan lain-lain. Contoh-contoh variabel ialah: jenis kelamin, tinggi badan, pendapatan rumah tangga, tanggal lahir, wilayah dan sebagainya.

Variabel yang kita masukkan dalam penelitian haruslah memiliki skala ukuran. Misalnya, bayi A memiliki berat badan 8 kg, dan bayi B memiliki berat badan 4 kg, maka dapat disimpulkan bahwa bayi A dua kali lebih berat daripada bayi B.

skala tersebut dikenal sebagai skala interval 51 Dalam suatu studi dimana variabel yang menjadi perhatian diidentifikasi. Satu atau lebih faktor dalam studi dikendalikan sehingga data yang didapat tentang bagaimana faktor-faktor tersebut.

Contoh soal perhitungan data statistik penelitian tentang pengukuran berat badan
Rated 4/5 based on 45 review