Pengaturan berat badan atlet sepak bola pdf

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat konsumsi energi, protein, lemak dan karbohidrat mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat kebugaran atlet sepak bola Jember United FC, status gizi juga mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat kebugaran atlet sepak bola Jember United FC.

KONSUMSI MAKANAN, STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN ATLET SEPAK BOLA JEMBER UNITED FC

Keberhasilan atlet untuk mendapatkan prestasi ditentukan oleh berbagai hal. Olahraga aerobik dan anaerobik, keduanya memerlukan asupan energi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Puasa sebelum pertandingan tidak diperbolehkan karena secara fisiologis tidak masuk akal oleh karena makanan dibutuhkan untuk mengganti glikogen.

Waktu Pertandingan Atlet mengikuti Pertandingan dengan waktu pertandingan mulai dari 3 menit, misalnya angkat besi, sampai dengan waktu pertandingan 2 hari, misalnya balap sepeda.

Some features of this site may not work without it. Onlinehttp: Untuk mengangkut oksigen O2 ke otot diperlukan Hemoglobin Hb atau sel darah merah yang cukup. Kebutuhan gizi atlet ditetapkan berdasarkan perkiraan secara umum, dan seharusnya dihitung secara individual berdasar berat badan, tinggi badan aktivitas masingmasing.

Ikan juga merupakan sumber kalsium terutama ikan yang dikonsumsi dengan tulangnya contoh: Subjek penelitian ini adalah seluruh atlet cabang olahraga unggulan Kabupaten Buleleng.

Minum air yang teratur dengan tambahan sedikit elektrolit dan karbohidrat sangat baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Rizki Hardi Katalog Dalam Terbitan. Sesudah melakukan latihan kira-kira dibutuhkan — ml. Umar Hafidz, Evi, Nur Widiatmi, Fahmi, Zulafa dan Siti Aminah masing-masing atlet, sehingga persediaan suplement cukup beraneka ragam, salah satunya adalah hemaviton.

Tabel 3: Kemudian, makanlah makanan pendongkrak energi 30 menit sebelum mulai latihan, atau makanlah snack tersebut di sela-sela latihan yang berlangsung lama," ungkapnya. Di Olimpiade setelahalih-alih mewajibkan semua pesaing untuk bersaing satu sama lain tanpa memperhatikan ukurannya, kelas berat diperkenalkan dan, pada Olimpiadeangkat besi dibagi menjadi lima divisi berat.

Pengaturan makan pada periode pertandingan sangat penting untuk memperoleh penampilan yang optimal. Selain sebagai sumber energi, bahan makanan yang dipilih harus juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, sehingga kebutuhan zat gizi lainnya juga dapat terpenuhi.

Makanan padat yang tinggi karbohidrat kompleks dan rendah serat, misalnya buah pisang dapat diberikan pada atlet.

E-Book Gizi Atlet Sepak Bola

Selain makanan yang telah disajikan oleh catering. LEMAK Walaupun lemak merupakan sumber energi yang paling tinggi, tapi para atlet tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak berlebihan. Prinsip internal training mengandung komponen lama latihan, intensitas latihan, masa istirahat dan pengulangan.

Juara dunia pria pertama dinobatkan pada tahunsaat itu tidak ada kategori bobot berat badan seperti saat ini, dan kejuaraan wanita tidak ada sampai tahun Penerbit Andi. Membentuk otot dan mencapai tinggi badan optimal. Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pemain berupa lari, tendang, loncat dan sprint-sprint pendek yang persentasinya cukup besar.

Memelihara kondisi tubuh dan menjaga kesegaran jasmani. Zat-zat mineral lainnya seperti Seng Zn dan Selenium Se berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat terbentuknya radikal bebas yang berlebihan sehingga dapat mencegah kerusakan sel tubuh. Kecepatan dalam bermain sepakbola memerlukan kesegaran jasmani atau kebugaran.

Tambahkan besarnya penggunaan energi ini dengan besarnya energi yang didapatkan pada perhitungan langkah 4. Berdasarkan wawancara kepada pelatih dan atlet, sebagian besar mengatakan bahwa penyediaan makanan selama ini dilakukan oleh atlet sendiri orang tua atlet.

Berdasarkan hasil penelitian, cabang olahraga yang menjadi unggulan Kabupaten Buleleng adalah tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, atletik, kempo, dan cabang olahraga woodball. Dadang A. Faktor kebugaran menjadi penting karena dapat mempengaruhi performa atlet dalam bertanding.

Pada saat olahraga dengan durasi panjang dan intensitas menengah sampai tinggi, berkurangnya simpanan glikogen dan menurunnya kadar glukosa darah hipoglikemia akan menjadi salah satu faktor penyebab kelelahan.

Pembinaan di daerah sangat berperan sebagai kunci pengembangan prestasi olahraga nasional. Pada Olimpiade ini, yang berlangsung di Antwerp, Belgia, empat belas negara berkompetisi.

Persiba Bantul merupakan salah satu klub sepak bola yang terkenal secara nasional. Selain memperhatikan kandungan zat gizi dari makanan, pengaturan makanan juga harus memperhatikan pola latihan yang diterapkan. Jenis suplemen ditawarkan kepada Sistem Penyelenggaraan dan Pengelolaan Makanan ….

Variasi makanan - Diet yang ketat tidak harus membuat anda bosan dengan menu yang sama setiap harinya.Pdf dateien bearbeiten kostenlos download. Di Indonesia, badan yang menaungi olahraga angkat besi adalah PB PABBSI (Persatuan Angkat Berat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia).

Beberapa atlet angkat besi Indonesia sudah berprestasi dunia dengan berbagai gelar juara al. kejuaraan dunia dan medali dalam olimpiade. Atlet harus melakukan penimbangan badan setiap hari untuk mengetahui keadaan berat badan.

Periode pemulihan termasuk waktu diantara 2 pertandingan misalnya pukul pagi atlet mengikuti renang 50 m gaya bebas, kemudian pada pukul mengikuti renang m gaya kupu-kupu. We use cookies to make interactions with our website easy and meaningful, to better understand the use of our services, and to tailor advertising.

Berat badan memiliki peran yang penting dalam mengondisikan banyak atlet. Hampir semua cabang olahraga, peningkatan atau penurunan berat badan sering menjadi masalah serius bagi para atlet, sehingga perlu dilakukan pengaturan pola makan dan kesesuaian asupan gizi.

1 SISTEM PENYELENGGARAAN DAN PENGELOLAAN MAKANAN BAGI ATLET SEPAK BOLA Umar Hafidz Asy ari Hasbullah 12, Evi Setiyowati 1, Nur Widiatmi 1, Fahmi Fauzi.

Pengaturan berat badan atlet sepak bola pdf
Rated 0/5 based on 13 review